Minggu, 13 April 2008

Blog Pertama Kali , Bisnis Impian

Ini tulisan blog pertama gw, jadi agak sedikit bingung apakah gw mau nulis apa dan bgm memulainya, apakah dengan perkenalan layaknya manusia yang berkenalan menyebutkan nama... udah lama pengen nulis blog tapi males memulainya , jadi pas ada tugas kewirausahaan pak budi makanye gw bikin nih blog

Nama lengkap gw Muhammad Irvansyah Saragih, Sumbayak tepatnya bisa dipakai dua-duanya tapi kebanyakan pakai Saragih... tetep aja Sumbayak ya Saragih, nah kalo loe pernah denger marga Simarmata, tu juga Saragih.....Gw lahir di Ujung pandang yang sekarang diganti namanya jadi Makasar...., rumah gw dulu dekat pelabuhan ... sekarang katanya uda jadi jalan tol ,samping rumah dulu kayak bar gitu..jadi tiap malem mobil-mobil pada nutupin rumah ..kerjaan bokap gw ngempesin ban pelanggan bar gara2 g bisa lewat....
Karena gw lahir di sana makanya gw suka coto makasar, pisang ijo(di kampus gw ad yg jual di kampus e) dan barongko ( kue pisang yang di bungkus daun pisang).
Ngomong-ngomong tentang makanan tradisional, gw sempet punya pemikiran andai aku punya uang bisnis riil apa yang akan kau jalankan…….. dan karena gw suka coto ma pisang ijo maka gw berpikir Bagaimana kalau Bisnis makanan tradisional (dalam hal ini Makanan dan Kue-kue / jajanan ), coba kita lihat …. Banyak contoh seperti Nasi Uduk, Lontong Padang, Lontong Balap, Soto Betawi, Gado-gado, Nasi Jambal, Coto kuda, Cakalang Fufu, Arsik, Julak hanyut, Soto mie, Soto Banjar, Laksa bogor , Asinan Sayur dan buah , Bubur Menado, Woku, dan lain lain mempunyai pasar masing masing / peminatnya…

Kalau anda pernah ke kelapa gading , anda akan melihat banyak tempat makan dari daerah-daerah Indonesia walaupun kurang lengkap tidak semua ada tapi sebagian besar daerah ada. Melihat potensi tersebut, sudah dipastikan pasarnya memang ada sehingga tinggal menyusun perencanaan bisnisnya.


Mau menjual apakah Saya?

Ide awalnya adalah, saya mau membuka tempat makan yang menjual semua makanan Nusantara , dari sabang sampai merauke. Dimana tempat makan ini selayaknya food court … dan dengan Nama "Terminal Makanan Nusantara". Brand "Terminal Makanan Nusantara" target pasar nya masyarakat kelas menegah.

Namun timbul pertanyaan
1. Difrensiasi nya apa dari para pesaingnnya ?
2. Mampukah bersaing dengan usaha yang sejenis?

Difrensiasinya adalah suasana yang nyaman dan tempatnya yang strategis di pusat bisnis dan rekreasi. Dilihat dari Jakarta sebagai wilayah yang hetrogen penduduknya dari sabang sampai marauke ada dan warga ekspatriat, dan pasti adanya rasa kerinduan akan kampung halaman . Dengan makanan biasanya bisa mengobati kerinduan tersebut, dan banyaknya orang yang masih merayakan / mengadakan acara adat dari kelahiran, pernikahan sampai kematian di daerah tempatnya berada selain di kampung halaman ini lah yang membuat gw melihat peluang tersebut untuk dijadaikan usaha.


Mampukah bersaing dengan usaha yang sejenis?

Kalo saya optimis bisa bersaing ,karena rumah makan sekarang ini hanya fokus pada 1 produk (makanan daerah tertentu) dan kita (Saya) ingin memberikan produk yang bervariasi (seluruh daerah nusantara) walaupun para pesaingnya juga tidak terlalu banyak.

Untuk melengkapi usaha tersebut, Gw pingin mengembangkan usaha jajanan tradisional / toko kue-kue dari seluruh nusantara untuk memenuhi pasar "acara-acara adat dll" yang akan ada di kota-kota besar sehingga masayarakat daerah tau apa saja makanan , jajanan daerah yang lain dan untuk menumbuhkembangkan minat masyarakat untuk mengunjungi daerah-daerah di seluruh Indonesia yang pada akhirnya akan berguna juga bagi sektor ekonomi daerah-daerah dan taraf hidup masyarakatnya....


sekian----

(Sekali Lagi Ni cuma Ide-ide aja, kalo lihat ide-ide bisnis diatas nyangkut-nyangkutnya ada pertanyaan "Pasti Budget Mesti Gede!!!" ngak pa pa toh namanya juga bisnis impian )

2 komentar:

jerry mengatakan...

Hehehe... Keren le.. Gw bantuin deh bikin bisnis impiana, di gading tapi ya. Hehehe... Hmm.. Tapi bikin link ntu gmn ya le??? Ga ngerti..

Muhammad Irvansyah Saragih mengatakan...

Ok dah kalo gw punya duit jer , and kudu traveling buat taste semua makanan nusantara k